Install dan Upload Program ESP32 Menggunakan Arduino IDE - technology

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Install dan Upload Program ESP32 Menggunakan Arduino IDE

Share This

ESP32 adalah mikrokontroller yang dikenalkan oleh Espressif System. Mikrokontroller ini menggunakan CPU dual-core 32-bit, memori SRAM 512kB, dengan modul Bluetooth 4.0 dan Wi-Fi yang memungkinakan untuk mengaplikasikan Internet of Things (IoT).


Untuk dapat mengupload program pada ESP32, install terlebih dahulu aplikasi Arduino IDE yang dapat diunduh di https://www.arduino.cc/en/main/softwareBuka Arduino IDE dan install Board ESP32  dengan cara, klik File >Preferences.


Pada jendela Preferences masukkan tautan https://dl.espressif.com/dl/package_esp32_index.json  ke “Additional Board Manager URls”.


Buka jendela Board Manager dengan cara klik Tools > Board > Boards Manager. Pastikan komputer terhubung dengan koneksi internet, karena Arduino IDE akan mengunduh data dari alamat url yang di masukkan pada menu preferences sebelumnya.


Ketik esp32 pada menu search lalu klik install dan tunggu hingga proses installasi selesai, kemudian klik Close.


Hubungkan ESP32 ke komputer menggunakan kabel data USB.


Untuk dapat mengakses ESP32, pastikan driver serial to USB telah terinstall pada komputer. Apabila driver belum terinstall dapat download di https://www.silabs.com/products/development-tools/software/usb-to-uart-bridge-vcp-drivers. Kemudian  cek Port yang digunakan ESP32 pada device manager, sebagai contoh disini menggunakan Port COM9.


Pastikan board yang digunakan “DOIT ESP32 DEVKIT V1” dan pilih Port COM yang sesuai.


Setelah mengatur Arduino IDE untuk mengetik program, klik File > New lalu buat program berikut pada sketch.


Lakukan compile & upload program yang telah dibuat dengan klik tombol upload. tekan push button boot ESP32, dan kemudian lepaskan saat esptool.py  pada posisi Connecting.


Setelah berhasil upload, masuk ke jendela serial monitor dan dalam serial monitor akan muncul tulisan serial setiap 1000 milisecond sesuai dengan program yang telah di upload.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages